Thursday 7 April 2016

Pemasaran Global



pemasaran internasional
Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
• Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
• Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
• Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
• Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
• Pemasaran adalah Proses memusatkan sumber daya dan sasaran hasil dari suatu organisasi pada peluang lingkungan dan kebutuhan
• Pemasaran adalah Kumpulan dari konsep, alat, teori, kebiasaan, prosedur & pengalaman
• Pemasaran adalah disiplin yang universal yang dapat diterapkan dimana saja; dari Australia sampai Zanzibar (A to Z). Walaupun pemasaran adalah sebuah disiplin ilmu yang bersifat universal, namun pelaksanaannya bervariasi dari negara ke negara
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.



Pengertian Pemasaran Global
• Pemasaran global adalah proses dalam memusatkan sumberdaya pada peluang pemasaran global
• Adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan (global) yang memiliki bisnis (global) dengan strategi pemasaran (global), Pasar (global), maupun produk (global) yang sama (standar) di berbagai negara.
• Pemasaran Global adalah pemasaran yang memiliki disiplin universal tetapi pasar & konsumen adalah sungguh berbeda. Kebutuhan untuk “penempatan atau lokalisasi global “ : Penyesuaian tentang strategi pemasaran global untuk kepentingan pasar local. Pengetahuan dasar dalam Pemasaran Global yakni ; pengetahuan lintas budaya, pengetahuan negara / regional, pengetahuan tentang transaksi lintas Negara.
• Pemasaran global merupakan proses dalam memusatkan sumberdaya pada peluang pemasaran global yang bertujuannya untuk menciptakan nilai pelanggan dan keunggulan persaingan dengan melayani secara fokus dalam keadaan yang dibentuk oleh berbagai penggerak dan kekuatan pengendalian.
• Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Pada konsep pemasaran global ini, tehknik pemasaran pada sebuah perusahaan berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap yaitu proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai, tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.




Contoh dari Pemasaran Global
Design / produk Canon / photocopier / McDonalds / Toyota / Ford
Nama Merek Marlboro / Coke / Pepsi / Mercedes / Caterpillar
Posisi Produk Colgate toothpaste / Unilever fabric softoner
Kemasan Gillette razors
Strategi Iklan Coca-cola / British Airways / Benetton
Promosi Penjualan IBM
Distribusi Benetton / United Distellers
Layanan Konsumen American Express / Hertz

Pentingnya Pemasaran Global
Dunia Internasional menjadi penting bagi perusahaan besar untuk memaksimalkan potensi pertumbuhannya serta sejumlah besar industri akan dikuasai oleh sedikit banyak perusahaan global. Tujuannya untuk menciptakan nilai pelanggan dan keunggulan persaingan dengan melayani secara focus. Arti penting pemasaran global adalah keadaan yang dibentuk oleh berbagai penggerak dan kekuatan pengendalian

Orientasi Manajemen dan Pemasaran Global menggunakan 3 pendekatan yakni:
1. Pendekatan Ethnocentric :
A. Karakteristik perusahaan lokal & Internasional
B. Peluang diluar pasar lokal yang berkembang diberbagai unsur- unsur bauran pemasaran
2. Pendekatan Polycentric
A. Karakteristik perusahaan multinasional
B. Bauran Pemasaran diadopsi manajer-manajer di suatu negara
3. Orientasi Regiocentric atau Geocentric :
A. Ciri-ciri dari perusahaan global & transnasional
B. Peluang pemasaran dikejar oleh kedua-duanya strategi yaitu adaptasi dan perluasan di pasar global

Daya Penggerak kekuatan yang Mempengaruhi Pemasaran Global
• Teknologi
• Perjanjian-2 Ekonomi Regional
• Kebutuhan & Keinginan Pasar
• Biaya Pengembangan Produk
• Kualitas
• Kecenderungan Ekonomi Dunia
• Pengaruh / kekuatan
• Global / Badan hukum yang melakukan transaksi

Pengendalian Kekuatan yang Mempengaruhi Pemasaran Global
• Manajemen Myopia dan Kultur Organisasi
• Kendali dan Penghalang Nasional 












DEFINISI PEMASARAN INTERNASIONAL
Pemasaran internasional adalah Pemasaran yang kegiatannya melewati batas-batas lebih dari satu negara
Pemasaran Internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktifitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara. Dan jenis pemasaran ini merupakn jenis pemasaran yang cocok untuk Indonesia.
Dari kedua definisi Pemasaran di atas yang cocok untuk Indonesia adalah Pemasaran Internasional karena Indonesia termasuk Negara yang masih berkembang. Melihat kemampuan produksi Indonesia yang masih kalah bersaing dengan Negara maju lainnya didunia, untuk saat ini Indonesia baru dapat bersaing dalam pemasaran internasional.

Pemasaran Internasional dianggap memiliki peranan penting dalam memberikan jawaban dan antisipasi positif terhadap sejumlah isu global yang dinamis. Pasar internasional melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di negara-negara di mana ia melakukan bisnis.

No comments:

Post a Comment