Friday 15 April 2016

Tugas Soal dan Jawaban

1.Jelaskan yang dimaksud dengan manajemen pemasaran Internasional? berikan contoh!
Jawaban :

Pemasaran Internasional adalah pelaksanaan aktivitas-aktivitas bisnis yang mengarahkan arus barang dan jasa kepada konsumen atau pemakai pada lebih dari satu negara. Contohnya : Perusahaan Coca-Cola yang melakukan aktivitas atau kegiatan bisnisnya lebih dari satu negara.

2. Jelaskan seberapa penting peranan budaya dalam pemasaran global! Berikan contoh?
Jawaban:
Pemasar internasional harus mengetahui pengaruh budaya dan harus menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang akan dihadapi akibat adanya aspek busaya ini. Hal ini karena setiap daerah dan batas wilayah memiliki budya yang berbeda-beda. Sehingga Dalam membuat produk, budaya merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi karakteristik produk tersebut.
Hal ini juga didasarkan pada perilaku pembelian dan kebutuhan konsumen didorong oleh norma-norma budaya. Latar belakang budaya juga mempengaruhi konsumen dalam mengolah informasi dan faktor yang memotivasi konsumen dalam melakukan pembelian. Perusahaan yang melakukan bisnis global berarti berhubungan dengan konsumen, mitra strategis, distributor dan pesaing dengan pola pikir budaya yang berbeda.
Contoh : Bagaimana Mc Donald menyesuaikan budaya makan di setiap-setiap negara sehingga, Mc Donald menyesuaikan menu yang ada di gerai-gerai mereka dengan budaya makan di negara tertentu.

3. Perencanaan strategis apa yang cocok untuk dilakukan oleh UKM atauperusahaan kecil menengah di Indonesia dalam menghadapi tantanganpasar global ?
Jawaban:
Perencanaan strategis yang tepat dan cocok untuk dilakukan oleh UKM atauperusahaan kecil menengah di Indonesia dalam menghadapi tantanganpasar global adalah investasi untuk tumbuh (invest to grow ), dimanamerupakan sebuah strategi pasar yang offensive untuk menginvestasikan sumberdaya pemasaran untuk pengembangan pasar atau posisi produk dipasaran. Dalam menghadapi tantangan global, UKM atau perusahaankecil/sedang berkembang, seharusnya menganalisis beberapa faktor yangdapat meningkatkan keunggulan kompetitif produknya di pasaran, yaituditinjau dari segi diferensiasi produk dan pasar, keunggulan biaya sertakeunggulan pemasaran.Beberapa faktor utama yang membentuk keunggulan kompetitif dari suatubisnis, antara lain:
Keunggulan diferensiasi pasar, yang meliputi peningkatan kualitas produk,pelayanan, dan brand image.
Intensitas persaingan pasar, yang meliputi biaya unit, biaya transaksiserta pengeluaran pemasaran.
Akses pasar, yang meliputi pangsa pasar, penghargaan, merek dandistribusi.
Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat bertahan dan secara perlahan akan terus berkembang dan dapat memantapkanposisinya dalam persaingan pasar 

4.Sebutkan Tahap-tahap menjadi pemasar Internasional?
Jawaban:
1. No Foreigen Marketing
Perusahaan sudah berhubungan dengan dunia Internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha sendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri, pelanggan asing datang ke perusahaan, atau atas usaha eksportir
2. Infrequent foreigen Marketing
Perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tetapi jika hanya mempunyai surplus produksi. Apabila pasar domestik masih mampu menanganinya, kegiatan ini akan ditinggalkan. Pada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar Internasional.
3. Reguler foreigen Marketing
Produsen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing melalui penyalur domestik atau distributor asing. Tujuannya untuk melakukan ekspansi pasar domestik dan sudah mulai untuk memahami kebutuhan maupun keinginan pasar Internasional.
4. Global Marketing Operations
pada phase ini, produsen benar-benar telah terlibat dengan dunia Internasional secara global. Kegiatannya tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing dipasar dunia.

5.Apakah investasi selalu dapat memperbaiki posisi suatu perusahaan di pasar ? Jelaskan mengapa !
JAWABAN : 
Investasi tidak selalu dapat memperbaiki posisi suatu perusahaan di pasar. Karena tergantung kinerja dalam perusahaan itu sendiri. Semisal, percuma saja investor atau penanam modal menanamkan investasinya dalam jumlah berapapun apabila tidak diikuti dengan adanya peningkatan atas efisiensi tingkat operasi dan produksi, tidak ada kemajuan dalam divisi Research and Development, manajer keuangan perusahaan yang dimiliki tidak cakap dalam menangani dan menyelesaikan berbagai permasalahan keuangan/finansial perusahaan, adanya penurunan daya beli konsumen dengan ditunjukkan pembeli/pelanggan tidak melakukan pembelian ulang produk atau bahkan tidak membeli kembali produk yang dihasilkan perusahaan. Apabila beberapa faktor tersebut tidak berjalan baik, maka berapa pun jumlah penambahan investasi yang dilakukan akan sia-sia. Sebaliknya jika adanya penambahan ‘capital investment’ diikuti oleh kinerja perusahaan dengan baik, maka investasi tersebut tentunya akan memperbaiki posisi suatu perusahaan di pasar (market share juga akan meningkat).





2 comments:

  1. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/korut-lanjut-kembangkan-nuklir-di-2018.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/ada-hak-veto-pbb-dinilai-tak-demokratis.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kabar-buruk-cedera-jesus-dan-de-bruyne.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    ReplyDelete