Wednesday 13 April 2016

European Economic Communty (EEC)

European Economic Communty (EEC) lebih dikenal dengan istilah (Masyarakat Ekonomi Eropa), disingkat MEE. MEE adalah organisasi negara – negara eropa yang dirikan pada tanggal 1 Januari 1958 berdasarkan perjanjian Roma, Italia. Adapun negara – negara yang menjadi anggota mee adalah : Belanda, Belgia, Denmark, Inggris, Irlandia, Jerman, Lexemburg, Prancis, Yunani, dan Italia.
Tujuan EEC atau MEE adalah menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antarnegara eropa barat. MEE juga menjalin kerja sama di bidang perdagangan dengan negara ASEAN.


ASEAN Free Trade Area (AFTA) dibentuk pada waktu konfrensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke IV di singapura tahun 1992. Organisasi pedagangan bebas kawasan sepakat untuk menurunkan tarif dan mengapus hambatan nontarif dalam perdagangan yang dimulai tahun 2002.
AFTA bertujuan meningkatkan daya saing ekonomi negara – negara ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis Produksi pasar dunia, untuk menarik prestasi dan meningkatkan perdagangan antara anggota ASEAN.
Asian Pasific Economic Cooperation (APEC) di bentuk di Canbera, Australia pada tahun 1989. APEC merupakan kerjasama ekonomi negara – negara dikawasan asia pasifik. Saat ini jumlah anggota APEC sedah mencapai 21 negara yang diantaranya sebagai berikut :
1. Dari Benua Amerika : Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Chili.
2. Dari Benua Asia : China, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, dan Rusia.
3. Dari Benua Australia : Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini.
4. Dari ASEAN : Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam.
Tujuan APEC adalah membentuk kerjasama perdagangan, investasi, pariwisata, dan peningkatan SDM yang saling menguntungkan. APEC ingin membentuk kawasan bebas di kawasan Asia Pasifik.
Organization Petrolium Exporting Countries (OPEC) didirikan di caracas, venuzuela oleh 5 negara ekspor minyak yaitu saudi arabia, kuwait, iran, irak, dan venezuela tahun 1960. Saat ini OPEC beranggotakan 13 negara, yaitu 5 negara pendiri dan lainnya adalah : Libya, Indonesia, Nigeria, Aljazair, Gabon, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Ecuator.
Tujuan OPEC adalah :
1. Memenuhi kebutuhan minyak di dunia dan saling menguntungkan
2. Mengatur pemasaran minyak sehingga tidak terjadi perang harga di antra sesama negara pengahasil minyak.
3. Menentukan produksi minyak dunia.

No comments:

Post a Comment